Connect with us

Google Rilis Pixel 2 dan Pixel 2 XL Penantang iPhone 8

pixel 2

Gadget

Google Rilis Pixel 2 dan Pixel 2 XL Penantang iPhone 8

pixel 2 xl

(Foto: CNet)

Google akhirnya secara resmi merilis jajaran smartphone tebarunya, Pixel 2 dan Pixel XL yang didukung chipset Snapdragon 835. Acara itu sendiri dilangsungkan di San Francisco, Rabu (4/10/2017) waktu setempat.

Guna mengimbangi kemampuan prosesor Snapdragon 835 yang digunakan, Google menyematkan RAM 4 GB serta penyimpanan internal dengan dua opsi, yakni 64 GB dan 128 GB pada kedua smartphone.

Meski masih tergolong pemain baru, namun Google tak sungkan untuk mengusung fitur yang menyaingi smartphone terbaru besutan Apple dan Samsung.

Dari sisi desain, Pixel 2 XL terlihat menarik dengan ukuran layar yang mirip dengan LG G6. Desain layar penuh yang diadopsi Pixel 2 XL sendiri sudah cukup banyak digunakan oleh brand lain. Mengusung desain layar penuh dengan teknologi P-OLED dengan ukuran 6 inci Quad HD, smartphone Pixel 2 XL menawarkan desain bezel tipis dengan rasio 18:9.

Sementara Pixel 2 terlihat cukup berani, mengusung style lama dengan desain kotak serta bezel yang tebal seperti generasi pertama. Ukuran layarnya 5 inci dengan mengadopsi teknologi Full HD.

pixel 2

(Foto: Google)

Kedua smartphone terbaru Google ini menggunakan Corning Gorilla Glass 5 untuk pelindung anti gores, perbedaan keduanya terletak pada layar, dimana Pixel 2 XL dikemas dengan lengkungan 3D.

Untuk speaker, keduanya terletak pada bagian atas dan bawah ponsel. Sedangkan panel belakang masih sama dengan desain generasi sebelumnya, hanya saja untuk sensor fingerprint kini terletak dibagian bawah area kaca.

Google sendiri terbilang cukup berani untuk tampil beda, dimana Pixel 2 dan Pixel 2 XL mengusung satu kamera. Berbeda dengan brand lain yang menawarkan fitur kamera ganda. Kamera yang disematkan menggunakan lensa 12 MP dengan aperture f/1.8. Dukungan lainnya adalah Dual-Pixel Autofocus, Optical Image Stabilization, HDR serta dual-tone LED flash.

Untuk mendukung kemampuan kamera, disematkan pula fitur Portrait mode. Fitur ini akan membantu pengguna mengambil gambar dengan efek bokeh (blur). Google mengklaim bahwa efek bokeh yang dihasilkan kualitasnya setara dengan foto dari kamera ganda.

Sementara untuk kamera depan, kedua smartphone ini menawarkan lensa 8 MP dengan aperture f/2.4. Tambahan lain yang menjadi nilai jual Pixel 2 dan Pixel 2 XL adalah sertifikat IP67 yang merupakan lisensi tahan terhadap debu dan air.

Berbicara mengenai fitur, ada satu fitur yang hilang dari Google Pixel. Kedua smartphone ini tidak lagi mengadopsi Jack Audio 3.5mm yang terdapat pada generasi sebelumnya. Sedangkan untuk baterai, Pixel 2 memiliki kapasitas 2.700 mAh dan Pixel 2 XL 3.250 mAh.

Fitur lain yang di tawarkan Pixel adalah adanya fitur Active Edge, persis seperti yang dimiliki HTC U11. Sedangkan untuk dukungan lainnya, Pixel menawarkan fitur eSIM yang memungkinkan pengguna untuk terhubung dengan jaringan Google Fi.

Fitur eSIM ini merupakan fitur baru yang memungkinkan untuk berkomunikasi tanpa menggunakan kartu SIM, syarat untuk bisa menggunakan fitur ini adalah dengan menjadi subscriber Project Fi, yakni virtual mobile network operator (VMNO) dari Google yang menyediakan layanan telepon, SMS, serta internet. Layanan itu kabarnya dibuat Google atas kerjasama dengan berbagai operator seluler di seluruh dunia.

Joy Xi, Product Manager Product Fi Google, mengatakan “ini artinya Anda tak perlu lagi ke toko untuk membeli kartu SIM. Terkoneksi dengan layanan eSIM secepat mengoneksikan ponsel Anda dengan Wi-Fi”.

Comments

More in Gadget

Advertisement

NAIK DAUN

PILIHAN PEMBACA

To Top