Qualcomm Rilis Snapdragon 636, Berikut Kelebihannya

Qualcomm Technologies Inc. telah resmi merilis prosesor terbaru untuk kelas menengah. Qualcomm mengumumkan kehadiran chip Snapdragon 636, Selasa (17/10/2017). Prosesor Single on Chip (SoC) terbaru tersebut diperkenalkan dalam acara Qualcomm 4G/5G Summit yang digelar di Hongkong.

Chipset ini dirancang untuk meningkatkan performa perangkat, teknologi gaming, serta display lebih baik dibanding dengan seri pendahulunya. Chip terbaru ini diperkirakan akan dilepas ke pasaran pada November 2017 yang akan datang.

Qualcomm Snapdragon 636 mengusung teknologi octa core, prosesor yang mengandalkan core Kryo 260 ini mengusung kecepatan 1,8 Ghz dan telah menggunakan pabrikasi 14 nm.

Qualcomm mengklaim bahwa kombinasi tersebut mampu memberikan peningkatan performa hingga 40% dibanding Snapdragon 630. Sementara untuk kapasitas RAM, chip terbaru ini mampu menangani hingga 8 GB.

Snapdragon 636 hadir dengan dukungan layar modern ultra-wide FHD+ atau 2.160 x 1.080 pixel, dan akan dikawinkan dengan GPU Adreno 509 yang disebut menjanjikan performa hingga 10% lebih baik untuk gaming dan browsing.

Chipset terbaru Qualcomm ini juga didukung dengan modem Snapdragon X12 LTE dengan kecepatan unduh maksimal 600 Mbps. Sektor kamera, Snapdragon 636 mendukung penggunaan sensor kamera hingga 24 MP. Sementara untuk audio, prosesor ini telah mendukung audio Hi-Fi dengan dukungan hingga 192kHz/24 bit dan kemampuan untuk melakukan playback lossless file audio dengan distorsi rendah dan high dynamic range.

Melihat hal ini, tentu persaingan prosesor mobile di kelas menengah akan semakin menarik. Mengingat sebelumnya MediaTek juga meluncurkan chip generasi terbaru untuk kelas menengah.

Kita nantikan saja bagaimana kemampuan Qualcomm Snapdragon 636 ini nantinya. Karena biasanya tidak lama setelah peluncuran chip, maka akan segera tersedia ponsel yang menggunakannya.

Related Posts