Fitur Terbaru Android O, Mampu Menghemat Baterai

Google resmi memperkenalkan sistem operasi (OS) Android O sebagai Android Oreo tiga bulan lau, tepatnya pada bulan Agustus 2017. Android Oreo (8.0) akan menjadi penerus OS sebelumnya, Android 7.0 Nougat.

Sudah menjadi rahasia umum kalau OS terbaru ini hadir dengan banyak pembaruan dan penyempurnaan, Android Oreo akan mendapat fitur anyar.

Seperti diberitakan Android Authority dalam preview pengembang Android 8.1, OS Oreo akan mampu menghemat baterai perangkat Android. Tidak sampai disitu, fitur baru Oreo juga akan memungkinkan untuk mengidentifikasi dan dan menyoroti aplikasi yang menguras baterai.

Fitur terbaru akan menunjukkan aplikasi yang pada dasarnya menguras baterai dengan mencegah agar perangkat tidak kehabisan daya baterai hingga akhirnya mati. Fitur baru Oreo juga memiliki alasan yang rinci mengapa aplikasi tersebut menggunakan banyak baterai, misalnya saja GPS.

Fitur ini dapat ditemukan di menu info baterai di Settings, di mana aplikasi yang boros baterai akan mudah dikenali dengan tanda peringatan baterai merah. Dengan mengetuk aplikasi yang boros baterai akan memungkinkan untuk menutupi atau menonaktifkan layanan yang membuat baterai boros.

Sebelumnya ada lima fitur yang jadi andalan Google dalam Android O .

Pertama, picture-in-picture. Fungsinya untuk multi windows, di mana pengguna bisa menjajal aplikasi A sembari menonton Netflix atau YouTube pada layar yang lebih kecil.

Kedua, notification dots. Fitur ini merupakan tahap lebih lanjut dari mekanisme swipe down untuk melihat notifikasi pada aplikasi. Pengguna cukup memencet lama ikon aplikasi, notifikasi yang belum terbaca pun akan terlihat.

Ketiga, autofill with Google. Fitur ini mempermudah pengguna ketika hendak log-in ke media sosial. Misalnya saja di Twitter. Google akan mengisi username dan password secara otomatis, sehingga proses log-in tak memakan waktu yang lama.

Keempat, smart text selection. Fitur ini membuat mekanisme copy-paste kata dan kalimat lebih mudah. Ketika hendak mem-blokir suatu alamat, nomor telepon, atau restoran, pengguna tak perlu mem-blokir kata per kata lagi.

Kelima, untuk urusan performa, Google menjamin Android O akan jauh lebih hemat daya baterai. Ini dimungkinkan berkat optimasi sistem operasi yang diracik Google.

Related Posts