Samsung Kenalkan Chipset Baru Penerus dari Exynos 8895

Samsung kenalkan chipset baru penerus dari Exynos 8895, yaitu Exynos 9810. Chipset ini nantinya akan digunakan untuk penerus seri Flagship Galaxy Note 8 dan Galaxy S8 Series. Chipset terbaru ini diduga kuat bakal dioakai pada Galaxy S9 Series yang diperkirakan rilis awal tahun depan, tepatnya pada event CES (Consumer Electronics Show). Sejumlah informasi menyatakan, Samsung akan merilis 36 produk sekaligus pada Q1 tahun 2018 nanti, tak terkecuali chipset Exynos 9810.

Masih sama dengan generasi sebelumnya, Chipset Exynos 9810 membawa ukuran 10nm, namun telah mengalami peningkatan performa serta efisiensi daya. Chipset ini memiliki komposisi yang lebih baik dari sebelumnya, meliputi Custom Core generasi ketiga, GPU yang telah diupgrade, serta modem 6CA LTE.

Lewat peningkatan performa yang diberikan, Chipset ini dipercaya mampu menyuguhkan kualitas grafis yang lebih baik. Selain itu, modem 6CA LTE diklaim memiliki kecepatan download hingga 1,2 Gbps.

Exynos 9810 diperkirakan akan diproduksi secara massal pada akhir tahun ini. Sedangkan untuk kawasan US dan China, Samsung masih mengandalkan kemampuan chipset Snapdragon buatan Qualcomm. Maka dari itu besar kemungkinan Galaxy S9 (US dan China) akan ditenagai chipset Snapdragon 845.

Untuk menunjang kemampuan chipsetnya, Samsung diprediksi akan memasang neural engine atau teknologi kecerdasan buatan pada setiap perangkat flagshipnya. Walau kabar ini belum dapat dipastikan kebenarannya, namun sepertinya Samsung harus memasang teknologi ini jika tak mau kalah dengan merek-merek lain seperti Apple, Huawei, dan Google yang lebih dulu menghadirkan teknologi tersebut.

Tags:

Related Posts